4 Cara Simple Membuat Susu Kedelai Tidak Langu

Kedelai adalah bahan makanan yang multi fungsi, karena dari bahan kedelai dapat menghasilkan berbagai bahan olahan. Misalnya yang sudah tidak asing yaitu, tempe. Tempe pun bisa diolah lagi menjadi berbagai macam makanan, ada kering tempe, tempe goreng, tempe bacem, tempe lagis, dan mendoan. Kedelai juga dapat dibuat susu selain dibuat tempe dan tahu, Atau yang biasanya disebut dengan nama “Sule” atau susu kedelai. Susu kedelai ini dapat menjadi alternatif yang tepat bagi sista yang mungkin tidak terlalu suka dengan susu sapi karena amisnya. Antara susu sapi dan susu kedelai tidak memiliki perbedaan yang signifikan, pasti bergizi dan bermanfaat bagi kesehatan kita. Bagi penderita penyakit jantung sama darah tinggi nih biar tidak kumat sakitnya. Baik juga loh dikonsumsi setiap hari, karena ternyata eh ternyata susu yang juga dinamai susu kacang ini dapat menjaga kekebalan tubuh. Namun kebanyakan susu kedelai masih terasa bau langunya, jadi merusak selera kita minum susu kedelainya.
Minuman ini memang cukup populer karena rasanya yang enak serta harganya yang cukup terjangkau. Cara membuat susu susu kedelai sebetulnya cukup mudah, namun terkadang kita mendapatkan aroma dan rasa yang tidak sesuai yaitu rasa/bau langu. Agar didapatkan susu kedelai yang lezat, tentunya pengolahan susu kedelai harus benar dan tentunya harus higienis dan bau nya agar tidak langu. Adanya bau langu disebabkan oleh aktivitas enzim lipoksigenase yang terdapat pada kedelai. Munculnya bau langu terutama pada waktu pengolahan, yaitu setelah tercampurnya lipoksigenase dalam lemak kedelai dan tambah menguat jika proses penggilingan kedelai menggunakan air dingin. Susu kedelai yang sudah jadi ini selanjutnya direbus lagi sampai mendidih agar steril dari bakteri, mikroba, juga untuk menghilangkan bau langu si kedelai. Jika sudah mendidih, kecilkan api lalu aduk selama kira-kira 15 menit agar susu kedelai tahan lama juga tidak ada endapan dari sari kedelai.
Tahapan Proses Pembuatan Susu Kedelai
  1. Sortasi dilakukan untuk membuang benda asing /kotoran,dan biji kedelai yang rusak. Biji kedelai dicuci dengan air mengalir beberapa kali sampai air bekas cucian bening dan kedelai nampak bersih. Pencucian sebelum perendaman dapat mengurangi jumlah bakteri yang ada pada biji kedelai.
  2. Perendaman bertujuan agar biji kedelai menyerap air sehingga lebih lunak, mudah digiling dan lebih cepat matang ketika dimasak . Perendaman juga melarutkan oligosakarida penyebab kembung. Volume air yang digunakan untuk merendam adalah 2-3x volume kedelai. Perendaman dengan air dilakukan selama 6-10 jam, jika diluar selang waktu tersebut sari kedelai yang dihasilkan kurang enak. Setelah perendaman, kedelai akan memiliki berat 2 x lipat karena biji kedelai menyerap air selama perendaman. Setelah direndam kedeai ditiriskan dan dicuci lagi 2-3 kali.
  3. Blanching dilakukan dengan cara merebus/mengukus biji selama sekitar 10-15 menit. Tujuan Blanching sebelum ekstraksi atau penggilingan adalah menginaktifkan enzim penyebab bau langu sehingga bau langu dapat diminimalisir.
  4. Penggilingan biji kedelai bertujuan memudahkan ekstraksi sari kedelai. Alat yang digunakan untuk menggiling bisa berupa blender biasa. Air yang digunakan untuk memblender adalah air hangat bersuhu 60-70 derajat celcius. Penggilingan dengan air panas akan menonaktifkan penyebab bau langu yaitu sebagian enzim lipoksidae dan tripsin inhibitor.
  5. Proses ini bertujuan memisahkan ampas dengan sarinya. Anda dapat menggunakan saringan dalam proses penyaringan, kain blacu, alat pengepres, atau dengan alat decanter sentrifuge. Namun ada juga mesin pengolah susu kedelai yang sudah menyediakan fasilitas penyaringan. Penyaringan dapat memisahkan serat tidak larut air penyebab rasa berkapur pada susu kedelai. Ampas hasil saringan dapat diperas kembali 1-2 kali untuk meningkatkan hasil.
  6. Suhu pemanasan antara 60-90 derajat celcius, selama beberapa menit. Misalnya jika suhunya 63 derajat celcius maka waktunya 30 menit, atau jika menggunakan suhu lebih tinggi misalnya 85 derajat celcius, maka waktunya lebih cepat menjadi 3 menit saja. Tujuan dalam proses pemanasan adalah membunuh mikroba pathogen, menonaktifkan sisa enzim penyebab bau langu dan zat anti gizi. Selama pemanasan susu kedelai harus diaduk terus untuk mencegah penggumpalan dan agar tidak gosong.
Deskripsi Tentang Susu Kedelai
Anda Sebetulnya harus tahu bahwa susu kedelai sudah sangat dikenal sejak jaman dulu. Olahan kacang kedelai yang kini bisa kita buat sendiri di rumah ini mengandung banyak nutrisi dan bisa menadi alternatif sumber protein bagi para vegetarian. Apalagi dengan membuat susu kedelai agar tidak langu sendiri sangatlah mudah, jadi siapapun bisa membuatnya. Dalam satu cangkir susu kedelai hanya mengandung 5 gram total lemak, 80 kalori, dan protein sekitar 7 gram. Susu kedelai sangat kaya akan vitamin B-6 dan mengandung magnesium, phosphorus, riboflavin, serta thiamin. Kalau dibandingkan dengan biji-bijian lain, kacang kedelai memiliki lebih banyak protein. Protein sendiri dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan memelihara jaringan tubuh, termasuk organ dan otot.
Sangat berbeda dengan susu sapi, susu kedelai tidak mengandung Kolesterol dan kandungan lemak jenuhnya juga sangat rendah. Salah satu manfaat dari konsumsi susu ini adalah memenuhi kebutuhan serat dan menyehatkan organ pencernaan. Dalam proses pembuatan susu kedelai ini, pemanasan filtrat atau hasil saringan kedelai harus selalu diperhatikan. Membuat susu kedelai agar tidak langu simple sekali, selama proses pemanasan, filtrat perlu diaduk terus sambil ditambahkan gula dan perasa (essens), seperti rasa moka, vanili, dan lain sebagainya. Untuk menghilangkan rasa pahitnya bisa dilakukan dengan penambahan bahan kimia Na3P04. Tujuan dari pengadukan ini adalah untuk bisa menghacurkan gula dan meratakan perasa, serta mencegah mendidihnya filtrat. Karena bila filtratnya nanti mendidih, protein yang terkandung di dalam kedelai akan pecah atau rusak, sehingga susunya menjadi menggumpal, dan juga tidak bisa bertahan lama karena mudah terjadi pembusukan.
Yuk simak dengan ulasan yang akan dibahas agar susu kedelai yang Anda konsumsi tidak mudah langu. Dengan memberikan beberapa penjelasan mengenai cara membuat susu kedelai agar tidak langu dengan berbagai resep dan rasa yang disukai. Kepp on reading !!

1. Resep Membuat Susu Kedelai Agar Tidak Langu Dengan Vanili


Bahan-bahan :
  • ½ kg kacang kedelai
  • 1 bungkus vanili
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
Cara Membuat :
  1. Pertama, siapkan kacang kedelai yang akan diolah, dan cuci bersih dengan menggunakan air mengalir, bersihkan dari segala kotoran.
  2. Setelah itu rebus kacang kedelai kurang lebih selama 15 menit.
  3. Selanjutnya angkatlah rebusan kedelai tersebut, setelah itu rendam dengan menggunakan air bersih semalaman supaya terasa lunak dan kulit airnya mengelupas dengan mudah. Lalu tiriskan.
  4. Blender dengan ditambahkan air secukupnya.
  5. Tuang kacang kedelai yang sudah di blender ke dalam sebuah wadah, lalu tuangkan air mendidih secukupnya.
  6. Saring untuk bisa memisahkan ampasnya.
  7. Sebelum dikonsumsi dengan membuat susu kedelai agar tidak langu, ada baiknya susu kedelai yang sudah disaring tadi dimasak terlebih dahulu sampai mendidih untuk menghilangkan bakteri-bakteri jahat penyebab kuman, dan tentunya untuk membuat susu kedelai tidak langu.
  8. Setelah rebusan susu kedelainya mulai mendidih, kecilkan api sambil terus mengaduk susu kedelainya selama kurang lebih 15 menit. Dalam tahap perebusan sangat penting supaya sari-sari yang dimiliki kedelai tidak mengendap, selain itu juga untuk membuat susu kedelai buatan Anda tahan lama.
  9. Anda juga bisa menambahkan garam dan gula sesuai dengan selera Anda. Untuk menambah lezat aromanya, Anda juga bisa menambahkan vanili.
  10. Susu kedelai siap untuk dinikmati.

Menggunakan mesin susu kedelai type SKD-100B Maksindo ini dengan cara membuat susu kedelai agar tidak langu dapat membuat gaya hidup Anda sehat dan turut mendorong perubahan pada pola konsumsi masyarakat luas. Mesin pembuat susu kedelai ini memiliki tampilan yang fleksibel dan cukup ringkas, bisa diaplikasikan pada industri rumah tangga yang cenderung hemat listrik. Pastinya Anda sudah mulai tertarik dengan mesin pembuat susu kedelai Maksindo ini kan, Yuk silahkan KLIK DISINI.

2. Resep Membuat Susu Kedelai Agar Tidak Langu Dengan NaP04


Bahan-bahan :
  • ½ kg kacang kedelai
  • 1 bungkus vanili
  • Gula pasir secukupnya
  • Perasa
  • NaP04
Cara Membuat :
  1. Siapkan terlebih dahulu peralatan yang mau digunakan
  2. Pilihlah kedelai yang bermutu baik, bersihkan dari kotoran, dan cuci dengan air bersih.
  3. Setelah Anda membersihkan kedelai, kedelai direbus selama kurang lebih 15 menit, lalu direndam dengan air jernih selama12 jam (semalam).
  4. Setelah direndam semalam, kedelai dicuci kembali dengan air bersih sambil diremas-remasagar kulit arinya terkelupas. Bila kedelai sudah bersih dari kulitnya, kemudian kedelai dihancurkan sampai halus dengan penggiling (blender) sambil ditambahkan airsedikit demi sedikit.
  5. Kedelai yang sudah halus dicampur dengan air panas secukupnya dan diaduk sampai rata, lalu disaringdengan kain saring untuk memperoleh filtratnya.
  6. Tambahkan bahan kimia NaP04 setelah filtrat Anda peroleh, gula pasir, dan perasa, lalu disaring dan dipanaskan kembali (suhu 80 derajat Celcius), tetapi jangan sampai mendidih. Selama pemanasan filtrat diaduk sampai rata, selain berguna untuk melarutkan gula juga mencegah agar filtrat tidakmendidih.
  7. Bila bau kedelai telah hilang dan tergantikan dengan bau perasa, maka susu kedelai dapat dimasukkan ke dalam botol yang sudah disterilkan sebelumnya.Kemudian botol-botol yang berisi susu ini dimasukkan ke dalam panci yang berisikan airmendidih selama 10 – 15 menit, hingga suhu dalam botol mencapai 70 – 80 derajat Celcius. Tahap pemanasan ini dimaksud untuk mengeluarkan udara, setelah itu botol ditutup rapat dengan menggunakan alat penutup botol.
  8. Selanjutnya, botol dimasukkan dalam panci yang berisi air mendidih selama + 15 menit, kondisi botol harus terendam seluruhnya. Kemudian botol diangkat dan didinginkan pada suhu ruang. Susu kedelai siap diminum.

3. Resep Membuat Susu Kedelai Agar Tidak Langu Rasa Honey Peach


Bahan-bahan :
  • 2 cangkir susu kedelai
  • 8 kantong teh putih rasa peach
  • 3 cangkir irisan buah persik beku
  • ¼ cangkir madu
Cara Membuat :
  1. Panaskan susu kedelai sambil diaduk sampai hangat, tapi jangan sampai mendidih. Kemudian tambahkan teh celup dan masukkan ke dalam susu kedelai, diamkan selama 5 menit.
  2. Buang teh celup, masukkan campuran susu kedelai dalam lemari es selama 15-20 menit sampai dingin.
  3. Masukkan susu kedelai dingin, persik dan madu ke dalam blender atau mesin susu kedelai. Blender dengan kecepatan tinggi sekitar 1 menit atau sampai halus, tuang ke dalam gelas lalu sajikan.

4. Resep Membuat Susu Kedelai Agar Tidak Langu Dengan Pandan Jeruk


Bahan-bahan
  • 250 gram kacang kedelai, cuci bersih
  • 1,5 liter air
  • 150 gram gula pasir
  • 3 lembar daun pandan, ikat
  • 3 lembar daun jeruk
Cara Membuat Susu Kedelai Pandan Jeruk
  1. Pertama, rendam kedelai dengan air hangat semalaman. Setelah kedelainya mengembang, cuci bersih dan buang kulit arinya.
  2. Blender dengan air sampai benar-benar halus dengan menggunakan mesin susu kedelai, lalu saring.
  3. Agar susu kedelai tidak langu yaitu dengan cara merebus dengan api sedang dicampur dengan gula, daun pandan dan daun jeruk. Aduk-aduk terus sampai mendidih, jaga jangan sampai meluap.
  4. Setelah dingin saring dengan kain katun yang bersih. Sajikan hangat atau dingin sesuai selera.
Demikian ulasan mengenai cara membuat susu kedelai agar tidak langu untuk kesempatan ini. Semoga Anda berhasil dengan hadirnya penjelasan resep membuat susu kedelai Anda tetap segar dan enak dikonsumsi. Anda bisa mempraktekannya di rumah dan bisa Anda jadikan peluang usaha Anda di kemudian hari. Terima kasih telah membaca artikel kami. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar